Minggu, 17 Juli 2011

RPP Lingkaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 2 (Dua)


Standar Kompetensi : 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.

Kompetensi Dasar : 4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.

Indikator : Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.

B. Materi Ajar

Lingkaran, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

 Pertemuan Pertama

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 143-147 mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran).
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 145 mengenai pemasangan nama unsur-unsur atau bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema terhadap gambar ilustrasinya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 146 mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 146-147 mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 146-147 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 143-147.
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : uraian singkat.
Contoh Instrumen :

• Perhatikan lingkaran berikut.
A

• O


B
Disebut apakah garis AB?












Bogor,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah





_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Kompetensi Dasar : 4.2. Menghitung keliling dan luas lingkaran.

Indikator : 1. Menemukan nilai Phi.
2. Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.
3. Menghitung keliling dan luas lingkaran.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

a. Peserta didik dapat menemukan nilai Phi.
b. Peserta didik dapat menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.
c. Peserta didik dapat menghitung keliling dan luas lingkaran.

B. Materi Ajar

a. Menentukan nilai Phi ( ).
b. Menentukan keliling lingkaran.
c. Menentukan luas lingkaran.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

 Pertemuan Pertama, Kedua, dan Ketiga

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan nilai Phi ( ), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta menghitung keliling dan luas lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal.147-150 mengenai menemukan nilai Phi ( ), hal. 150-155 mengenai menentukan keliling lingkaran, dan hal. 156-161 mengenai menentukan luas lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan nilai Phi ( ), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta menghitung keliling dan luas lingkaran.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 150-151 mengenai cara menentukan keliling lingkaran, dan hal. 156-157 mengenai cara mencari luas lingkaran.
d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 152 mengenai penentuan keliling lingkaran, jari-jari, diameter jika salah satu nilai dari jari-jari, keliling, dan diameter lingkaran diketahui, dan hal. 158 mengenai penentuan luas lingkaran.
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 147-149 mengenai penentuan rumus keliling lingkaran dan penemuan nilai Phi ( ), hal. 156 mengenai penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 149-150 mengenai nilai Phi ( ), 152-155 mengenai penentuan keliling lingkaran, dan hal. 158-161 mengenai penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 152 dan 158.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 149-150, 152-155 dan 158-161 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 147-150, 150-155, 156-161.
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d). Berapakah nilai ?
2. Sebutkan :
a. rumus keliling lingkaran yang berjari-jari m.
b. rumus luas lingkaran yang berjari-jari n.

3. Hitunglah :
a. keliling lingkaran yang berdiameter 10 cm.
b. luas lingkaran yang berjari-jari 3 cm.












Bogor,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah





_______________________ _______________________
NIP. NIP.



Kompetensi Dasar : 4.3. Memahami relasi dan fungsi.

Indikator : 1. Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
2. Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
3. Menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
4. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

a. Peserta didik dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
b. Peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
c. Peserta didik dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
d. Peserta didik dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.

B. Materi Ajar

a. Mengenal sudut pusat dan sudut keliling.
b. Mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

 Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 161-166 mengenai mengenal sudut pusat dan sudut keliling), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 162-163 mengenai cara menentukan besar sudut keliling.
d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 162 mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
e. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 163 mengenai penentuan besar sudut pusat dan sudut keliling.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 164-166 mengenai penentuan besar sudut pusat dan sudut keliling, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 164.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 164-166 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

 Pertemuan Ketiga dan Keempat

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 166-171 mengenai mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 167-169 mengenai cara menentukan keliling dan luas lingkaran, serta panjang busur, luas juring dan temberengnya.
d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 169 mengenai penentuan panjang busur, luas juring, dan besar sudut lingkaran.
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 169.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 169-171 mengenai penentuan jari-jari lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan panjang busur lingkaran, luas juring dan tembereng, dan penggunaan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 169-171 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 161-166 dan 166-171.
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :

1. Jika sudut A adalah sudut pusar dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.

2. Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?

3. Di dalam lingkaran dengan jari-jari 7 cm, terdapat sudut pusar yang besarnya . Hitunglah:
a. panjang busur kecil,
b. luas juring kecil.

4. Gambar di bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air pada pipa adalah 10 cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas penampang air itu?


10 cm









































Bogor,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah




_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Kompetensi Dasar : 4.4. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran.

Indikator : 1. Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
2. Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
3. Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar.
4. Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

a. Peserta didik dapat menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
b. Peserta didik dapat mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
c. Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar.
d. Peserta didik dapat menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.

B. Materi Ajar

Garis Singgung Lingkaran, yaitu mengenai:
a. Mengenal garis singgung lingkaran.
b. Menemukan sifat-sifat garis singgung lingkaran.
c. Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran.
d. Mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran.
e. Melukis garis singgung lingkaran.
f. Menghitung panjang garis singgung persekutuan.
g. Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubung- kan dua lingkaran.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

 Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat dan mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 185-186 mengenai mengenal garis singgung lingkaran, hal. 186-189 mengenai menemukan sifat-sifat garis singgung lingkaran, hal. 190 mengenai menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran, dan hal. 190-193 mengenai mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat dan mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 188 mengenai cara menentukan panjang garis singgung lingkaran dan besar sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat, dan hal. 191 mengenai cara menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.
d. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 186 dan 187 mengenai pembuatan garis singgung melalui beberapa titik pada lingkaran, hal. 188 mengenai sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat, hal. 190 mengenai penyelidikan banyaknya garis singgung persekutuan dua lingkaran, dan hal. 192 mengenai penggambaran garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dari kedua lingkaran, serta panjang garis singgung persekutuan luar kedua lingkaran, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 186-187 mengenai penemuan sifat-sifat garis singgung lingkaran, dan hal. 190 mengenai syarat kedudukan dua lingkaran.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 188-189 mengenai garis singgung lingkaran dan sifat-sifatnya, dan hal. 192-193 mengenai syarat kedudukan dua lingkaran dan garis singgung persekutuan dua lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 188-189 dan 192-193 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

 Pertemuan Ketiga dan Keempat

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 193-199 mengenai melukis garis singgung lingkaran, hal. 200-203 mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan, hal. 204-211 mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 200 mengenai cara menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, hal. 202 mengenai cara menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, dan hal. 205 mengenai cara menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal.193-194 mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, hal.195 mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran, hal.196-197 mengenai melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan hal.197-198 mengenai melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
e. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 194 mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, hal.196 mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran, hal. 197 mengenai melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, hal.199 mengenai melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran hal. 200 mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, hal. 202 mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, hal. 206 mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 199 mengenai melukis garis singgung lingkaran, hal. 203 mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan, dan hal. 206 mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 201 dan 202.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 199, 203, dan 206 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 185-211.
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :

1. Perhatikan gambar!


O • P

Q
Berapakah besar sudut P? Mengapa?

2. Perhatikan gambar!
A K
B
P •
• Q

L
Disebut apakah:
a. Garis AB?
b. GAris KL?


3. Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 5 cm dan 2 cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10 cm, berturut-turut berapakah panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar?










































Bogor,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah





_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Kompetensi Dasar : 4.5. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga.

Indikator : 1. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
2. Melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

a. Peserta didik dapat melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
b. Peserta didik dapat melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.

B. Materi Ajar

Lingkaran, yaitu mengenai:
a. Melukis lingkaran dalam dan luar segitiga.
b. Melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

 Pertemuan Pertama

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 171-177 mengenai melukis lingkaran dalam dan luar segitiga), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.172-173 mengenai cara menentukan jari-jari lingkaran dalam segitiga, dan hal. 175 mengenai penghitungan panjang jari-jari lingkaran luar segitiga.
d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal.171 mengenai melukis lingkaran dalam segitiga dan hal. 173-174 mengenai melukis lingkaran luar segitiga.
e. Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal.171 dan 173 mengenai melukis lingkaran dalam segitiga serta jari-jari lingkaran dalam pada segitiga tersebut, hal. 174 mengenai melukis lingkaran luar segitiga, dan hal. 176 mengenai penghitungan panjang jari-jari lingkaran luar segitiga.
f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 176-177 mengenai melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
g. Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 173 dan 176.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 176-177 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
 Pertemuan Kedua

Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 177-178 mengenai cara melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal.177-178 mengenai melukis lingkaran jika diketahui tiga titik berbeda yang tidak segaris.
d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 178 mengenai melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
e. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai lingkaran dan garis singgung lingkaran untuk menghadapi ulangan pada pertemuan berikutnya.

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 179 dan 207.
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 178 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ pada hal. 180-182 dan 208-211, serta “Portofolio“ pada hal. 183 dan 211.


 Pertemuan Ketiga

Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai lingkaran dan garis singgung lingkaran.
Kegiatan Inti:
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya mengenai kubus, balok, prisma dan limas tegak.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 2, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 143-211.
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP


F. Penilaian

Teknik : tugas individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :

1. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah:
a. Lingkaran dalam segitiga
b. Lingkaran luar segitiga.

2. Buatlah lingkaran yang melalui titik-titik P, Q, R berikut!

• R

P •



• Q

3. Seekor anjing yang terikat pada suatu pancang dialtih untuk berlari mengitari halaman. Suatu hari anjing itu berlari mengelilingi halaman 30 kali dengan tali yang mengencang sepanjang 5 m. Apabila tali dianggap terus mengencang setiap kali berputar, berapa meter jarak yang ditempuh anjing itu?

4. Segitiga ABC memiliki sisi-sisi 12 cm, 5 cm, dan 13 cm. Panjang jari-jari lingkaran dalamnya adalah …
a. 2 cm c. 6 cm
b. 4 cm d. 8 cm

5. Panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 15 cm. Jika panjang jari-jarinya masing-masing 10 cm dan 2 cm, jarak kedua pusat lingkaran itu adalah .....
a. 17 cm c. cm
b. cm d. 16 cm













Bogor,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah




_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar