Jumat, 03 Mei 2013

ciyyus bangat!


samsul bahri ben marzuki



METODELOGI



metode penelitian
1.    Perbedaan kualitatif dan kuantitatif
kuanti
-       Kejelasan unsur: tujuan, pendekatan, subjek sumber data sudah mantap dan rinci sejak awal.
-       Langkah penelitian: segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun.
-       Dapat menggunakan sampel dan hasil penelitiannya diberlakukan untuk populasi.
-       Hipotesis: (jika memang perlu), Mengajukan hipotesis yang akan diuji dalam penelitian, Hipotesis menentukan hasil yang diramalkan........a priori
-       Desain: dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang diharapkan
-       Pengumpulan data: kegiatan dalam pengumpulan data memungkinkan untuk diwakilkan.
-       Analisis data: dilakukan sesudah semua data terkumpul
Kuali
Kejelasan unsur: subjek sampel, sumber data tidak mantap dan rinci, masih fleksibel, timbul dan berkembangnya sambil jalan (emergent).
-       Langkah penelitian: baru diketahui dengan mantap dan jelas setelah penelitian selesai.
-       Tidak dapat menggunakan pendekatan populasi dan sampel. Dengan kata lain, dalam penelitian kualitatif tidak dikenal istilah populasi dan sampel. Istilah yang digunakan adalah setting. Hasil penelitian hanya berlaku bagi setting yang bersangkutan.
-       Hipotesis:
a.    Tidak mengemukakan hipotesis sebelumnya, tetapi dapat lahir selama penelitian berlangsung ......tentotif
b.    Hasil penelitian terbuka
-       Desain: desain penelitiannya adalah fleksibel dengan langkah dan hasil yang tidak dapat dippastikan sebelumnya.
-       Pengumpulan data: kegiatan pengumpulan data selalu harus dilakukan sendiri oleh peneliti
-       Analisis data: dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data

2.    Apa penting penelitian yang relevan dari sebelumnya
Penting,, karena dengan da penelitian relavan sangat mendukung penelitian kita yang akan datang.

3.    Apa perlunya tindakan study pendahuluan sebelum penelitian
Perlu, karena dengan danya tindakan study sebelum penelitian kita dapat mengetahui permasalahan dengan jelas dan akurat

4.    Apa itu intervaining variabel

Intervaning variabel adalah variabel antara, intervening variabel tidak bisa diamati, misalnya pengalaman guru dalam mengajar.


5.    Untuk apa manfaat trianggulasi
Untuk tehnik perpaduan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif dan sebagai salah satu tehnik atau cara dalam pemeriksaan keabsahan data dan dapat menarik kesimpulan yang lebih mantap dan lebih bisa diterima kebenarannya.


6.    Pengertian dari metode ilmiah.
metode ilmiah adl slh satu cr mncri kbnrn yg bl dtnjau dr segi pnerapanny resiko utk keliruny plg kc

7.    Sebutkan metode penelitian ilmiah
Metode kuantitatif : Metode Etnografis, Metode Historis, Metode Fenomenologis, Metode Studi Kasus, Metode Teori Dasar, Metode Studi Kritis
Metode Kualitatif: Metode Deskriptif, Metode Komparatif, Metode Korelasional, Metode Survey, Metode Tindakan
Metode pengembangan (developmental research)
8.    Apa tujuan statistika
Dalam tujuan penelitian pendidikan tujuannya untuk melihat indeks prestasi siswa, dan menguji tiori (model pembelajaran) dalam penelitian tentang berhasil dan gagalnya suatu tiori


9.    Untuk apa alat pengumpulan data

10.              Langkah-langkah perumusan masalah

-       Menentukan Fokus Penelitian,
-       Mencari berbagai faktor yang berkaitan dengan fokus permasalahan dalam penelitian,
-       Menkaji faktor-faktor yang menarik untuk ditelaah, kemudian menetapkannya faktor mana yang akan dipilih,
-       Mengkaitkan faktor-faktor yang dipilih dengan fokus penelitian